Ngaji Rutin Muslimat NU Tolu Ranting Ngelo||Bab Fadhilah Shodaqoh (Lanjutan)

Kajian Rutin Ahad Pagi Muslimat NU Tolu, 09 Januari 2022

Kitab Mawaidzul Usfuriyah

Bab Fadhilah Shodaqoh

Pemateri De Badruns (Ketua ASNUTER MWCNU MARGOMULYO)

Dalam rezeki kita, ternyata ada hak orang lain. Cara kita memberi hak kepada orang lain dari apa yang kita punya adalah dengan sedekah kepada orang yang membutuhkan.

 

Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Ada banyak ayat Al-quran dan hadits tentang sedekah dan keutamaannya.

 

Disebutkan bahwa pintu surga pun terbuka bagi orang-orang yang ikhlas mendermakan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.

 

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri.

 

Sedekah meliputi sedekah wajib (zakat) dan sedekah sunat (at-tatawwu) variannya bisa berupa infaq, wakaf atau bentuk amal jariyah lainnya.

 

Lantas mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan umatnya untuk bersedekah? Sebagai jawabnya adalah, di dalam sedekah itu tertanam berlipat-lipat pahala dan keutamaan. Allah memberikan ganjaran dan menyayangi umatnya yang peduli terhadap sesama.

 

Senada dengan hal di atas dalam kitab mawaidzul usfuriyah di jabarkan sebagai berikut:

 

فقد جاء فى الأخبار من تصدق بتمرة يجد ثوابها يوم القيامة مثل جبل فى ميزانه

Disebutkan dalam hadishadis, “Barang siapa bersedekah satu kurma maka ia akan mendapati pahalanya di Hari Kiamat seberat gunung.

 

إعلم أن فى الصدقة سبع خصال

Ketahuilah sesungguhnya di dalam shodaqoh terdapat 7 (tujuh) keutamaan:

 

أولها أن الصدقة تفك رقبتك قال النبي عليه الصلاة والسلام إن الصدقة لتدفع سبعين بابا من البلاء

1) Shodaqoh menghilangkan kesulitanmu. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, Sesungguhnya shodaqoh dapat menolak 70 pintu cobaan.”

 

والثانى إنها طبيبك قال النبي عليه الصلاة والسلام داووا مرضاكم بالصدقة

2) Shodaqoh adalah doktermu. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Sembuhkanlah orang-orang sakit kalian dengan shodaqoh.”

 

والثالث أنها صارت حارسك قال النبي عليه الصلاة والسلام حصنوا أموالكم بالصدقة

3) Shodaqoh adalah penjagamu. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Jagalah harta-harta kalian dengan shodaqoh.”

 

والرابع  أنها تطفئ غضب الرب قال النبي عليه الصلاة والسلام الصدقة تطفئ غضب الرب

4) Shodaqoh dapat meredam kemurkaan Allah. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Shodaqoh dapat meredamkan kemurkaan Allah.”

 

والخامس أنها ألفة للإخوان قال النبي عليه الصلاة والسلام الصدقة هدية تهادوا تحابوا

5) Shodaqoh adalah kasih sayang untuk saudara. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Shodaqoh adalah hadiah yang apabila kalian saling menghadiahkan maka kalian akan saling mencintai.”

 

والسادس  أنها رقة فى القلوب قال عليه الصلاة والسلام من وجد فى قلبه قساوة  فلينشرالصدقة

6) Shodaqoh adalah kelembutan hati. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Barang siapa menemukan keras di dalam hatinya maka hendaklah ia mengeluarkan shodaqoh.”

 

والسابع أنها تزيد فى العمر قال النبي عليه الصلاة والسلام الصدقة ترد البلاء وتزيد فى العمر

7) Shodaqoh menambahi umur. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, “Shodaqoh dapat menolak turunnya bencana dan menambahi umur.”

 

 

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar